Pelatihan ( BINTEK ) 44 orang Linmas pengamanan pemilu se desa kohod kecamatan pakuhaji disambut antusias.

Tangerang, postbantennews.com

Menghadapi hari pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang, Polsek Pakuhaji bersama pemerintahan desa (Pemdes) kohod mengadakan pelatihan bimbingan Teknis ( BINTEK ) linmas sedesa kohod.

Bertempat digedung Pemberdayaan masyarakat jalan Raya Kohod pada hari Minggu ( 4 February 2024).

Kegiatan BINTEK dihadiri oleh camat Pakuhaji H.Muhamad Supriyatna, Kapolsek Akp.H. I GUSTI Mochammad Sugiarto, Danramil 07 mayor Jauhari serta kepala Desa Kohod ARSIN SH. bin ASIP ketua KPPS desa kohod SUHENI.

Serta para anggota linmas yang berjumlah 44 orang untuk 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kecamatan Pakuhaji memiliki satu kelurahan dan 13 desa, salah satunya Desa kohod yang memiliki kurang lebih 5900 hak pilih dan akan memberikan hak suaranya di 22 TPS yang telah disediakan.

Pelatihan BINTEK diikuti oleh 44 Anggota linmas desa Kohod. Kegiatan Bimtek diadakan oleh 3 Pilar dari pihak Polsek Pakuhaji , Koramil 07 Sepatan dan pemdes Kohod.

44 orang anggota akan ditempatkan di tiap TPS sebanyak dua orang Linmas.

Dalam sambutannya pada Bintek Kapolsek Pakuhaji H.Gusti mengatakan, tugas dan tanggung jawab seorang Linmas yang ada di tiap TPS. Menjaga situasi dalam TPS sehingga aman.

Membantu dan mengatur orang yang memiliki hak pilih agar tertib dipintu masuk dan dipintu keluar TPS,” jelas Kapolsek.

Lanjut Kapolsek meminta Anggota linmas jangan lepas kordinasi dengan panitia pemungutan suara di TPS , dalam pelaksanaan nanti anggota linmas yang tidak ada seragamnya bagi yang punya silahkan pakai seragamnya.

Sedangkan yang tidak memiliki seragam silahkan memakai baju putih dan celana hitam atau coklat. Jangan lupa memakai sepatu agar anggota linmas terlihat gagah,” punya Kapolsek

Kita Berharap pada saat pelaksanaan nanti, diwilayah kohod ini aman tidak terjadi sesuatu. Kalau terjadi sesuatu panggil polisi petugas TNI dan Polri , Karena merek tidak boleh ada di dalam TPS yang didalam hanya anggota Linmas. Atas permintaan KPPS anggota Kamtibmas dan Babinsa baru bisa masuk ke dalam TPS, “jelas H. Gusti

Tambah H.Gusti kita harus bangga karena ini adalah tugas mulia, tugas jihad menjaga keamanan dan ketertiban demi kepentingan dan kesejahteraan negara,” jelasnya

Sambutan dilanjutkan oleh camat pakuhaji, H. Muhammad Supriyatna mengatakan, anggota Linmas atau Gaskin merupakan anggota yang bertugas menjaga ketertiban TPS.

Akan dijelaskan secara rinci tugas- tugas pokoknya Linmas akan dijelaskan atau dipaparkan oleh ketua KPPS, bila terjadi sesuatu dilapangan Gaskin dalam mengambil keputusan dilapangan atau di TPS tidak ragu-ragu ,” pinta camat.

Dilain Kesempatan Kades Kohod ARSIN SH. Bin ASIP mengatakan,” yel yel … Desa kohod, membangun desa lebih maju, Gaskin atau linmas desa kohod ada 26 karena 1 TPS dibutuhkan 2 orang makan Gaskin ada 44 orang.

Desa kohod paling belakang dalam melaksanakan Bimtek dibanding desa lain yang ada dikecamatan Pakuhaji,” jelas kades ARSIN.

Tambah Arsin, ada 18 orang yang bukan Gaskin atau linmas yang menjadi petugas , jangan membedakan, 18 orang tadi yang terpilih sudah dipercaya dan terpilih mengawal pemilu dari yang kecil tidak akan menjadi besar.

Memilik kewenangan penuhi di tiap-tiap TPS. Akan dibntu oleh petugas dari binamas dan Babinsa, saya juga akan turun langsung untuk memantau bersama satpol PP kecamatan,” ungkapnya.

Intinya bapak bapak sudah diberikan kepercayaan penuh, jadi jaga kepercayaan ini. Urusan negara dipercaya ke linmas atau Gaskin atau hansip.

Jadi bapak ini adalah orang terpilih, maka bersyukur,” jelas. Kades ARSIN.

Saya sebagai kepala desa tidak akan duduk enak di kursi saja, saya akan longok semua atau pantau ke 44 TPS yang ada didesa Kohod, di kohod harus sukses dan mampu,

“Jangan cuma bisa namun tidak mampu, ini adalah urusan negara jika sukses Suma akan aman dan nyaman”, pinta ARSIN.

asep / postn

Related posts