Senior Partai Demokrat (PD) Jawa Barat Yan Rizal Usman menilai sangat wajar muncul suara

AHY akan di kabarkan yang kemudian

Jakarta, postbantennews.com

Senior Partai Demokrat (PD) Jawa Barat Yan Rizal Usman menilai sangat wajar muncul suara-suara yang menginginkan digelarnya kongres luar biasa Partai Demokrat. Pasalnya, pihak yang menginginkan KLB merasa tidak puas dengan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat ini. 

“Saya kira wajar kalau ada tuntutan kongres luar biasa. Ada hal-hal mendasar yang mendorong munculnya keinginan untuk menggelar KLB,” ujar Yan dalam keterangannya, Rabu (17/2)

AHY akan di kabarkan yang kemudian menyebut beberapa hal yang menjadi alasan kader tidak puas dengan kepemimpinan di partai berlambang mercy saat ini.

 Antara lain aturan yang sangat membatasi kepemimpinan di daerah. Misalnya, AD/ART mewajibkan sidang musyawarah daerah (musda) dan musyawarah cabang (Muscab) mengusulkan tiga calon ketua DPD dan DPC ke DPP.

Kemudian DPP yang menetapkan nama ketua DPD dan DPC. “Jadi, DPD dan DPC kehilangan hak dalam menentukan pilihan sendiri. Cara ini sangat berpotensi transaksional, proses kaderisasi macet. Para kader tidak dihargai atas perjuangannya membesarkan partai,” ucapnya.

 

Yan yang pernah menjabat Komisi Pengawas Daerah Partai Demokrat Jawa Barat ini juga menyebut, terjadi hal yang tak lazim pada kongres PD Maret 2020 lalu.  (dani/pn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments