Setidaknya sepuluh kelompok milisi etnis terbesar di Myanmar mendeklarasikan dukungan

Setidaknya sepuluh kelompok milisi etnis terbesar di Myanmar mendeklarasikan dukungan

Jakarta, postbantennews.com

Setidaknya sepuluh kelompok milisi etnis terbesar di Myanmar mendeklarasikan dukungan mereka kepada rakyat dalam melawan junta militer yang mengudeta pemerintahan sipil sejak 1 Februari lalu.

Pimpinan kelompok dewan restorasi Negara Bagian Shan, Yawd Serk, mendeklarasikan dukungan itu dalam pertemuan virtual milisi Myanmar pada Sabtu (03/04) tadi siang

“Saya ingin menyatakan 10 kelompok resmi mendukung mendukung rakyat yang meminta penghentian kediktatoran”, katanya Yawd seperti dikutip AFP

Dalam kesempatan itu, Yawd juga menegaskan bahwa mereka saat ini sedang mempertimbangkan kembali perjanjian gencatan senjata dengan pemerintah myanmar.

 

Ia menjelaskan bahwa gencatan senjata itu tercapai dalam perundingan damai dengan pemerintahan Aung San Suu Kyi yang kini sudah dikudeta militer.

Yawd menyatakan bahwa kelompok milisi etnis di berbagai daerah Myanmar tak dapat menerima kekerasan yang dilakukan aparat di bawah junta terhadap para demonstran antikudeta. “Pemimpin dewan militer harus bertanggung jawab,” ucapYawd. (henri/pn/cnni)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments