UNTUK APBD TAHUN 2021 INI ADA 4 FOINT UNTUK PEMULIHAN ANGGARAN

Tangerang kota, postbantennews.com

Untuk tahun 2021 Pemerintah Kota Tangerang harus ada pemulihan Ekonomi, Pendidikan, Pembangunan dan Kesehatan”, hal ini Dikatakan oleh Gatot Wiboyo, S.IP Ketua DPRD Kota Tangerang Propinsi Banten, Belum lama ini pada postbantennews.com di ruang kerjanya. 

Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Kota Tangerang dan Nasional sangat terasa pada triwulan II tahun 2020. Triwulan I tahun 2020, ekonomi Kota Tangerang masih tumbuh 2,97%, walau turun dibandingkan dengan triwulan I tahun 2019 yang sebesar 5,07.

Hal ini terjadi karena pengaruh eksternal di mana Covid-19 sudah merebah di beberapa di Berbagai Kota Tangerang dan pelosok Kelurahan. Pada triwulan II, walaupun belum ada data resmi, Kota Tangerang diperkirakan mengalami kontraksi (pertumbuhan ekonomi negatif) sekitar 3%.

Hal ini terjadi karena kebijakan social distancing atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) baru di mulai pada pertengahan Maret. Social distancing dan PSBB tersebut sangat mempengaruhi aktivitas ekonomi. Keadaan ekonomi Kota Tangerang tersebut masih lebih bagus di tingkat Kota Tangerang.

Beberapa Masyarakat mengalami kontraksi yang sangat dalam misalnya Pendapatan bisa sebesar 41,2%, Pendidikan diperkirakan sekitar 10%, dan Pembangunan sekitar 15% pembelajaan Kesehatan di perkirakan 30%. Sementara itu, APBD memprediksi ekonomi  Kota Tangerang pada tahun 2020 akan mengalami kontraksi sebesar 5,2% dan tingkat Kecamatan 0,3%, ini merupakan Kota Tangerang diperkirakan Pertumbuhan ekonominya Kota Tangerang tercatat positif.

Memprediksi akan terjadi resesi ekonomi. Resesi tersebut akan dialami lebih dalam oleh Kecamatan dan Kelurahan maju. Kota Tangerang diperkirakan akan mengalami resesi namun resesi ringan (mild recession) karena kontraksi ekonomi diperkirakan “hanya” sekitar -3%-0% dan tidak akan berlangsung lama, sekitar 2 triwulan. Sinergi dalam Pemulihan Ekonomi Kota Tangerang.

“Prediksi tersebut tentu membuat kita semakin optimis untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan pemulihan ekonomi Kota Tangerang secara konsisten dan pembangun dan di harapkan berjasama dari seluruh komponen Penjabat Esekutif. Pemerintah Kota Tangerang harus mengambil kebijakan pemulihan ekonomi yang holistic. Pelaksanaan kebijakan tersebut harus didukung oleh pemerintah Kota Tangerang”, katanya

Pemda Kota Tangerang harus mempunyai peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi Pemkot. Pemkot memahami struktur ekonomi daerah, demografi, dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya. Di samping itu, kebijakan APBD dapat disinergikan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di daerah Kota Tangerang.

Lanjutnya Ia katakan Di samping itu, masyarakat dan pelaku usaha termasuk UMKM juga mempunyai peran yang strategis dalam mempercepat pemulihan Sektor Pembangunan. Sektor pendidikan Pemerintah memberikan kemudahan kelancaran untuk aktifitas masyarakat dan mengacu sector-sector PAD Kota Tangerang, seyogyanya disambut dengan positif oleh pelaku usaha dengan menggerakkan usahanya secara baik dan lalu pendidikan dan kesehatan di normalkan kembali seperti biasanya. Saya yakin ini bisa”, ujarnya (henri permana/pn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments