Para pengungsi korban gempa di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, belum pulang ke rumahnya meskipun, sudah di perbolehkan

Para pengungsi korban gempa di Kota Mamuju, mengusi

Sulawesih Barat, postbantennews.com

Para pengungsi korban gempa di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, belum mau pulang ke rumahnya meskipun telah diimbau pemerintah setempat. “Rumah kami rusak parah, kami mau ke mana, tidak mungkin kembali ke rumah. Kami pengungsi, hanya bisa bertahan di tenda pengungsian,” kata Awal, salah seorang pengungsi di Mamuju, Minggu (24/1).di kutip jpnn

Ia mengatakan saat ini butuh kejelasan dari pemerintah mengenai upaya yang dilakukan untuk penanganan dampak bencana.

“Kalau kami disuruh pulang harus jelas bagaimana kami nantinya, karena tidak mungkin kami menempati rumah yang hampir roboh, atau tertimpa bangunan rumah tetangga yang roboh,” katanya.

Ia juga mempertanyakan, bagaimana dengan pengungsi yang sudah keluar daerah seperti menuju wilayah Utara Kabupaten Mamuju.

“Bagaimana mungkin mereka mau kembali ke pengungsian kalau permukimannya hancur, sementara pemerintah tidak jelas dalam memberikan solusi dan belum memiliki data soal kerusakan permukiman warga yang terdampak bencana,” katanya.

Sementara itu Amrin, salah seorang pengungsi belum mau pulang ke rumah karena masih trauma dan takut dengan terjadinya gempa susulan.

“Biarkan kami di pengungsian sampai kami bisa merasa aman kembali ke rumah. Pemerintah juga mesti membantu kami karena situasi belum berjalan normal,” katanya.(ariadi/henri/pn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments