Menyambut HUT Kota Tangerang, Pemkot Tangerang Berikan Relaksasi Pajak PBB Sebesar 70% dan BPHTB 25%.

Kota Tangerang, postbantennews.com

Kepala Bapenda Kota Tangerang, Kiki Wibawa, dalam rangka menyambut HUT Kota Tangerang ke-30.

Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang kembali meluncurkan program Relaksasi Pajak sebesar 70% untuk PBB-P2 dan 25% untuk BPHTB yang sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat mulai dari tanggal 16 Januari hingga 31 Maret 2023, Jumat (20/1/2023).

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menjabarkan bahwa selain menjadi program dalam rangka HUT Kota Tangerang ke 30 tahun, diskon pajak ini juga berpengaruh besar terhadap penanggulangan inflasi daerah.

Hal itu berdasarkan data BPS Provinsi Banten, angka inflasi Kota Tangerang berada pada angka 4,56% dimana angka menunjukkan Kota Tangerang terendah se Provinsi Banten.

“Tentu ini juga dipengaruhi atas keringanan pajak yang dihadirkan sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak daerah yang dapat mendorong peningkatan ekonomi daerah,” ujar Arief.

Sebelumnya, dalam rangka HUT RI ke 77, Pemkot Tangerang juga sempat memberikan diskon pajak sebesar 77% yang juga disambut baik oleh seluruh masyarakat.

“Ini menjadi upaya bersama dimana masyarakat juga terlibat dalam usaha menekan laju inflasi daerah,” katanya.

Seperti diketahui, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) baru saja selesai melakukan sosialisasi dan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), mulai dari buku I, Buku II dan Buku III tahun 2023.

Kepada pihak kecamatan dan kelurahan, di 13 Kecamatan se-Kota Tangerang.

Kepala Bapenda, Kiki Wibawa dalam kesempatan itu mengatakan, dengan penyerahan ini, masyarakat sudah bisa mengambil SPPT miliknya di kelurahan maupun kecamatan.

Selain bisa mengambil fisiknya, masyarakat sebenarnya juga bisa mengecek SPPT yang diterbitkannya ini, melalui aplikasi Tangerang LIVE.

Dimana selanjutnya, dengan telah diterbitkannya SPPT masyarakat bisa memanfaatkan program Diskon Spesial HUT ke-30 Kota Tangerang PBB-P2 dan BPHTB hingga 31 Maret mendatang.

“Lewat sosialisasi ini, Bapenda mengundang kelurahan dan seluruh RW di Kecamatan Karawaci, untuk mendapat pemahaman terkait telah diterbitkannya SPPT-PBB-P2 tahun 2023.

Selanjutnya, bisa menyalurkan informasi lebih luas lagi ke masyarakatnya, bahwa selain bisa diambil fisiknya, masyarakat bisa cek lewat aplikasi Tangerang LIVE dan melakukan pembayaran pajak dimomen diskon HUT Kota Tangerang juga melalui aplikasi Tangerang LIVE,” ungkap Kiki.

Ia pun menyatakan, Diskon yang tengah diberikan hingga 31 Maret mendatang ialah diskon SPPT-PBB-P2 sebesar 70 persen sampai dengan tahun 2014.

Penghapusan sanksi administratif SPPT PB-P2 sampai dengan tahun 2022, pengurangan SPPT PBB-P2 tahun 2023 sebesar Buku II pengurangan 10 persen.

Buku III pengurangan enam persen, Buku IV pengurangan empat persen dan Buku V pengurangan tiga persen.

Menyambut HUT Kota Tangerang, Pemkot Tangerang Berikan Relaksasi Pajak PBB Sebesar 70% dan BPHTB 25%

Disamping itu, Bapenda juga menghadirkan pengurangan BPHTB sebesar 25 persen dan penghapusan sanksi administratif Program Sertifikat Tanah PRONA/PTSL/PTKL.

Memaksimalkan program tersebut, Bapenda juga membuka loket bayar PBB di kantor 13 kecamatan, setiap Senin hingga Jumat.

Mulai pukul 08.00 hingga 15.00, layanan ini berlangsung hingga 31 Maret mendatang.

“Selain loket secara fisik, masyarakat bisa memanfaatkan kemudahan teknologi lewat merchant atau e-commerce tinggal klik dan sambil santai dimana saja.

Seperti, loket Bank BJB, aplikasi BJB Digi, aplikasi Tangerang LIVE, Alfamart, Indomaret

Serta dalam memudahkan masyarakat dalam bertransaksi membayar kewajiban pajaknya Pemkot tangerang juga menyediakan pasilitas pasilitas gerai seperti pelayanan mobil keliling bertujuan membuat masyarakat kota tangerang semakin nyaman dan pleksible tampa harus melakukan transaksi ke gerai atau kekantor induk.

Tentunya pasilitas mobil keliling tersebut adalah salah satu bagian pasilitas atau akomoda pelayanan kita untuk mempermudah masyarakat selain melalui kemudahan-kemudahan lain yang sudah disediakan seperti melalui link aplikasi-aplikasi online yang tersedia saat ini,pungkas kiki akhiri kata.

(rj/pn-adv/bapendakotatgr)

Related posts