KETUA DPRD KOTA TANGERANG, TIDAK BERHENTI-HENTI, TERUS MELAKUKAN TEROBOSAN BARU, BULAN INI DONAR DARAH

Ketua Dewan Perwakilan RakyaT Daerah (DPRD) Kota Tangerang Gatot Wibowo

Puspem kota postbantennews.com

Ketua Dewan Perwakilan RakyaT Daerah (DPRD) Kota Tangerang Gatot Wibowo meminta Gugus Tugas COVID-19 dan rumah sakit, untuk menggalakkan donor plasma konvalesen guna penanganan COVID-19 di Kota Tangerang, akan membantu pencegahan dan rasio. 

“Saya minta pihak rumah sakit dan gugus tugas menggalakkan gerakan donor plasma konvalesen ini dengan memberikan edukasi kepada pasien bahwa donornya sangat berarti,” ujarnya, Kamis kemarin. Menurutnya, donor plasma lebih mudah dan efektif dengan potensi donor yang banyak dari para penyintas di Kota Tangerang. “Kasus yang sangat banyak ini tentu potensi pendonor juga banyak. Kuncinya diedukasi dan difasilitasi sehingga banyak penyintas yang bersedia mendonor,” katanya. 

Gatot mengatakan plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. 

“Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas COVID-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona,” ucapnya.

Berdasarkan data, PMI Kota Tangerang telah melayani permintaan 281 kantong plasma konvalesen. Sedangkan saat ini, permintaan darah konvalesen yang masih dalam antrean 167 kantong dengan stok hanya 56 kantong.  Lanjutnya Ketua DPRD, menambahkan plasma darah konvalesen menjadi salah satu cara efektif untuk menyembuhkan pasien COVID-19. 

Warga yang hendak mendonorkan plasma darahnya dibuka setiap hari. Layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Lanjutnya Gatot, Kota Tangerang siap menerima berapapun pendonor plasma darah yang ada. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang telah membuka pelayanan donor darah plasma konvalesen sejak 12 Desember 2020 lalu. Namun, jumlah pendonor masih minim.

“Antusias pendonor masih minim. Sejak dibuka, sekarang baru 20-an pendonor, tapi yang lolos sekitar 10-an,” ujar Gatot DPRD Kota Tangerang, Senin kemarin. Donor plasma darah ini hanya dapat dilakukan oleh penyintas COVID-19 atau pasien COVID-19 yang telah sembuh. Layanan ini diadakan untuk membantu para pasien COVID-19 yang masih dirawat di rumah sakit wilayah Kota Tangerang. 

Meskipun masih minim, hasil donor plasma konvalesen sudah mulai didistribusikan ke sejumlah rumah sakit sesuai permintaan. Adapun untuk menanggapi masih minimnya jumlah pendonor plasma konvalese, dan Gatot menganjurkan pada  PMI Kota Tangerang tengah menjalin kerjasama dengan dinas kesehatan serta rumah sakit swasta.

Kerjasama tersebut juga termasuk untuk menyosialisasikan donor plasma konvalesen kepada warga terutama penderita COVID-19. “Kami juga memberikan sosialisasi serta edukasi, kepada para Dinas, Badan, camat dan lurah se-Kota Tangerang, harus banyak melakukan trobosan-trobosan untuk kepentingan masyarakat Kota Tangerang, dan Soal kemiskinan bertambah”, katanya. (henri permana/pn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments