Ri Sol Ju terakhir kali terlihat di depan publik pada perayaan Tahun Baru Imlek di Teater Samjiyon

Ri Sol Ju bersama presiden korea utara

Korea Utara, postbantennews.com 

Ri Sol Ju terakhir kali terlihat di depan publik pada perayaan Tahun Baru Imlek di Teater Samjiyon, Pyongyang, pada 25 Januari 2020 melalui sejumlah gambar yang dirilis media pemerintah Korea Utara, KCNA.di kutip cnni

Perayaan Imlek itu bahkan menjadi satu-satunya momen Ri Sol Ju terlihat di depan publik selama 2020. Padahal, sebelumnya, Ri Sol Ju kerap terlihat menemani sang suami dalam acara kenegaraan.

Ia bahkan menemani Kim Jong-un saat pertemuan inter-Korea yang pertama sejak 11 tahun terakhir pada 2018 lalu. Kim Jong-un juga mengajak sang istri untuk bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Juni 2019.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa Ri Sol Ju mungkin tengah sakit. Sejumlah kaum konspirasi bahkan menduga Ri Sol Ju telah “dihilangkan” rezim suaminya.

Namun, sejumlah analis menganggap saat ini Kim Jong-un hanya sudah tak peduli tentang citranya sebagai “pemimpin dunia normal”.

“Korea Utara selama ini kerap menekankan bagaimana Kim Jong-un adalah pemimpin negara biasa yang membawa istrinya ke acara-acara,” kata

seorang profesor studi Korea Utara dari Universitas Kyungnam, Lim Eul-chul. “Tapi, sekarang bagi Pyongyang, masalah ekonomi dan pencapaian nyata-bukan formalitas atau citra-yang paling penting dan mendesak,” katanya kepada portal berita NK News beberapa waktu lalu.

Lim juga mengatakan publik harus mempertanyakan rumor bahwa kesehatan Ri Sol Ju memburuk atau telah hilang.

Sebab, ia mengatakan Ri Sol Ju juga pernah tak terlihat dari publik selama berbulan-bulan di masa lalu tanpa penjelasan apa pun dari Korea Utara. (husman/henri/pn)

Related posts