Sekum LPTQ , sebut untuk meraih juara umum MTQ melalui perjuangan. - POSTBANTENNEWSPOSTBANTENNEWS google.com, pub-5724752989811170, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sekum LPTQ , sebut untuk meraih juara umum MTQ melalui perjuangan.

Tigaraksa, postbantennews.com

Anugerah yang membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang diakhir tahun 2022 dengan memperoeh kado istimewa, yakni merebut juara umum MTQ XIX tingkat provinsi Banten. Perjuangan gigih.

Terpola dan terprogram membuahkan hasil gemilang. Proses itu dapat kita ikuti sebagai berikut tahapan . Senin ( 5/11/22) .

1. Diawali dari Raker di hotel Lemo pada 2020 yang memutuskan bahwa LPTQ Kabupaten hanya akan merekrut peserta MTQ melalui perhelatan MTQ tingkat kecamatan dan Kabupaten secara resmi.

2. Hanya peserta yang memperoleh juara 1 MTQ tingkat Kabupaten yang akan dibina dan selanjutnya menjadi utusan kafilah Kabupaten Tangerang pada ajang MTQ tingkat Provinsi Banten.

Program ini menghantarkan peserta juara 1 menjadi lebih fokus dan istiqomah untuk menjadi duta Kabupaten Tangerang diperhelatan MTQ tingkat provinsi.

3. Media MTQ menjadi satu-satunya jalan untuk rekrutmen peserta terbaik, maka pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Tangerang harus menghadirkan kualitas dan profesionalitas.

Baik dewan Hakim, sistem, panitia maupun proses penyelenggaraannya. Maka langkah yang ditempuh adalah:

A. Rekrutmen Calon Dewan hakim yang terbuka dan bermutu melalui;

1. Pendaftaran dan tes tulis secara Online, 2. Tes lisan, wawancara dan pelatihan

B. Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Tangerang melalui sistem digitalisasi atau E-MTQ dan hal ini merupakan pola pertama di provinsi Banten. Adapun prosesnya diawali dari :

Pendaftran secara online berbasis NIK, sehingga seluruh calon peserta MTQ terekam dan terdeteksi dari batas usia,

Kepesertaan ganda dibeberapa kecamatan dan keikutsertaan dibeberapa cabang musabaqah.

Hal ini agak sulit dipraktikan bila proses yang dilakukan secara konvensional atau manual, mengingat potensi peserta kecamatan se-Kabupaten Tangerang mencapai 1.856 peserta.

C. Penggunaan E-Maqro dalam pemilihan maqro, Hal ini memudahkan panitia dan peserta untuk memberikan maqro secara pasti dan cara ini menghindari praktik kecurangan, karena pemilihan maqro bekerja sesuai dengan sistem elektronik.

D. Penggunaan E- Penilaian memastikan nilai yang dikumpulkan oleh Panitera dari Dewan Hakim langsung diinput oleh system.

Angka yang dientri hanya 30 detik diberikan toleransi untuk diubah jika terjadi kesalahan input, selanjutnya sistem akan terkunci.

E. Seluruh panitia, panitera, tim IT dan tim pendukung MTQ secara berkala dilakukan bimbingan teknis sehingga melahirkan tim yang inovatif dan kompeten.

F. Sarana pendukung yang kita miliki sudah menunjang untuk dilaksanakan MTQ berbasis Digital; Misalnya layar monitor 22 inci terdapat 30 unit, layar TV 55 inci memiliki 5 unit, dan semua itu turut memperlancar efektifitas dalam mendukung MTQ yang kredibel dan modern.

4. Peserta terbaik dari hasil MTQ tingkat kabupaten, diberikan pembinaan dan pelatihan secara kontinyu dan berkesinambungan sehingga seluruh peserta semakin terasah dan teruji.

5. Ikhtiar dan upaya spiritual baik teknis maupun non teknis tetap dijalankan melalui ;

A. Doa munajat dari para kiyai dan kasepuhan serta menghadirkan para Dewan Hakim Provinsi 62 orang melalui senior Bapak KH Rasna Dahlan untuk melakukan koreksi dan evaluasi hasil pembinaan.

B.Selama berlangsungnya MTQ tingkat provinsi Banten di Anyer Serang, seluruh anggota kafilah melaksananakan solat maghrib dan subuh berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan yasin, Istigosah, tausiyah dan doa Bersama yang dipandu oleh para guru pembimbing dan para kasepuhan.

C.Kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas seluruh Kafilah dengan penuh semangat dan kompak terutama dengan hadirnya para senior diajang MTQ tahun ini membawa suasana semarak dan semangat.

5.Dukungan, sumbangsih dan perhatian tulus dari Bapak/Ibu Camat, Kepala KUA, Sekum, Ketua LPTQ se Kabupaten Tangerang, memberikan rasa berbeda untuk menghadirkan semangat juang kafilah yang berlaga disetiap arena musabaqah.

“Dukungan anggaran dan motivasi, serta arahan dari para pimpinan kita, Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati , Bapak Sekertaris Daerah, Bapak Asda, Bapak Kepala Kemenag, Bapak Kabag Kesra.

Bapak Kadis DLHK selaku pimpinan kafilah yang terus menyemangati, mendampingi dan mengarahkan seluruh Kafilah”, kata H hariri Alhamdulillah kesuksesan dapat kita raih, piala juara umum dapat kita Bawa ke Kab. Tangerang.

Terimaksih semuanya, semoga usaha kita menjadi ladang IBADAH “, tutup H Hariri Sekum LPTQ.

Edi / postn

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments