Rusia terus membabat Kelompok Taliban berhasil menguasai perbatasan Afghanistan dengan Tajikistan

Moskow, postbantennews

Rusia terus membabat Kelompok Taliban berhasil menguasai perbatasan Afghanistan dengan Tajikistan dan Uzbekistan, kata harian Kommersant yang mengutip Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melaporkan pada Rabu.

Negara Rusia terus melakukan pengintain demi menjaga keamanan daerah Negara Rusia. Kondisi itu meningkatkan kekhawatiran keamanan bagi Moskow.Karena Rusia, menguatirkan bahwa cendrung kelompok Taliban, mengoncang moskow.

Taliban, yang berusaha keras untuk menerapkan kembali hukum Islam setelah diusir pada 2001, merebut kendali atas kota lainnya di Afghanistan utara pada Rabu, kata pejabat. Itu merupakan ibu kota kedelapan yang jatuh ke tangan Taliban dalam enam hari.

Taliban menguasai sebagian besar provinsi utara Afghanistan yang berdekatan dengan Asia Tengah bekas Soviet. Pejabat Uni Eropa pada Selasa mengatakan bahwa Taliban kini mengendalikan 65 persen wilayah Afghanistan.

Shoigu mengungkapkan bahwa Taliban berjanji untuk tidak menyeberangi perbatasan, namun Moskow akan tetap menggelar latihan gabungan dengan sekutunya di kawasan tersebut.

Rusia mengoperasikan basis militer di Tajikistan dan bekas republik Soviet itu merupakan salah satu anggota blok militer pimpinan Moskow. Itu artinya bahwa Moskow berkewajiban melindungi seandainya terjadi invasi. Uzbekistan juga menjalin hubungan yang erat dengan Rusia.

Rusia mengelar latihan gabungan dengan Uzbekistan dan Tajikistan di dekat perbatasan Afghanistan Agustus ini. Rusia juga memperkuat basis militernya di Tajikistan dengan kendaraan lapis baja dan senjata baru.

Uni Soviet menduduki Afghanistan dari 1979 hingga 1989. Mereka angkat kaki dari negara itu setelah 15.000 pasukannya terbunuh dan puluhan ribu lainnya terluka. (jurdian/henry/pn/ant)

sponsor

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments