PENGAJUAN MASA JABATAN KADES MENJADI 9 TAHUN DAPAT PERSETUJUAN BEBERAPA ANGGOTA DPR RI - POSTBANTENNEWSPOSTBANTENNEWS google.com, pub-5724752989811170, DIRECT, f08c47fec0942fa0

PENGAJUAN MASA JABATAN KADES MENJADI 9 TAHUN DAPAT PERSETUJUAN BEBERAPA ANGGOTA DPR RI

postbantennews.com/nasional

Tuntutan Kepala Desa (Kades) yang meminta DPR RI dan Pemerintah melakukan Revisi UU nomor 6 tahun 2014 tentang perpanjangan masa jabatan kades akhirnya di setujui oleh Komisi II DPR RI dan Badan Legislasi (Baleg). Tuntutan mereka juga di setujui oleh seluruh Fraksi yang ada di DPR RI.

“Di Komisi II, di Baleg, di fraksi, juga semuanya, semuanya menyetujui,” kata Anggota Komisi II DPR RI Mohammad Toha di kutip dari Antara, Selasa (17/1/2022).

Lebih lanjut Toha menjelaskan agar UU Desa nomor 6 tahun 2014 bisa di revisi dan masa jabatan Kades bisa di perpanjang menjadi 9 tahun pihaknya tinggal menunggu keputusan dari Pemerintah.

“Tinggal tunggu Pemerintah, ya. Harus dua-duanya kan (yang setuju), DPR sama Pemerintah. Nah, kalau Pemerintah sudah klop, ini bisa jalan,” tambahnya.

Diketahui Keputusan DPR RI untuk menyetujui revisi UU Desa nomor 6 tahun 2014 itu usai Baleg DPR beraudiensi dengan perwakilan kepala desa yang berunjuk rasa di depan Gedung DPR RI.

Sebelumnya di beritakan Ribuan Kepala Desa (Kades) dari berbagai daerah menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR. Aksi tersebut dipicu permintaan mereka kepada pemerintah dan DPR RI untuk melakukan revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang masa jabatan Kepala Desa yang semula 6 tahun menjadi 9 tahun.

Selain itu mereka juga menuntut agar pengelolaan Dana Desa (DD) yang saat ini diatur oleh pemerintah pusat agar di kembalikan kewenangannya kepada Desa. Sempat terjadi ketegangan dengan aparat kepolisian saat mereka memblokade jalan di depan gedung DPR RI.

“Ada dua tuntutan yang pertama cabut undang-undang no 2 tahun 2020 kaitannya dengan keuangan negara. Kemudian kembalikan lagi ruh undang-undang desa nomer 6 tahun 2014,” kata Perwakilan Kades Indonesia Bersatu Heru, di kutip dari tvonenews.com, Selasa (17/1/2023).(red/rj-pn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments