China disebut telah mengerahkan banyak peluncur rudal balistik jarak

peluncur rudal balistik jarak menengah IRBM

China, postbantennews.com

 China disebut telah mengerahkan banyak peluncur rudal balistik jarak menengah (IRBM) baru ke wilayah timur dan barat negaranya untuk simulasi intensif.

Hal itu dilakukan ketika China menyatakan akan menggelar latihan militer di Laut China Selatan pada pekan ini. Latihan itu dilakukan China tak lama setelah armada kapal induk Amerika Serikat juga memasuki Laut China Selatan untuk menggelar simulasi militer. Dikutip cnni

Menurut laporan Federasi Ilmuwan Amerika (FAS) pada Kamis (28/1), gambar satelit Maxar Technologies menunjukkan militer China telah mengerahkan banyak peluncur DF-26 IRBM ke sejumlah lokasi pelatihan di Provinsi Shandong.

FAS menuturkan itu pertama kalinya peluncur DF-26 beroperasi di daerah tersebut. Pada pekan lalu, Pemimpin Redaksi Kanwa Defence Review yang berbasis di Kanada, Andrei Chang, mengatakan Pasukan Roket China telah mengerahkan setidaknya 16 peluncur DF-26 IRBM ke pangkalan Qingzhou, Shandong, dan Korla, di Xinjiang.

Chang mengatakan pengerahkan belasan peluncur rudal ke dua pangkalan itu membuat peluru kendali China bisa mencapai wilayah India dan pangkalan militer AS di Jepang, termasuk di Okinawa.

Peluncur DF-26 IRMB adalah rudal balistik bergerak yang dipersenjatai dengan hulu ledak konvensional hingga nuklir dengan jangkauan sekitar 5.000 kilometer.

Dalam video YouTube-nya, Chang mengatakan China telah membangun dua gudang besar untuk DF-26. Hal ini menunjukkan niat China menempatkan rudal-rudal itu ke perbatasan.

Sementara itu, pakar militer China, Zhou Chenming, mengatakan DF-26 berada di Korla untuk pelatihan militer rutin mengingat “jarak tembak rudal di gurun Gobi yang tidak berpenghuni.”

“Ini bukan pertama kalinya DF-26 berada di sana, tetapi pertama kalinya tertangkap foto satelit,” kata Zhou seperti dikutip South China Morning Post

Mengingat jangkauan DF-26, Zhou mengatakan rudal itu dapat menargetkan kapal perang asing yang memasuki wilayah perairan China. (james/henri/pn)

sponsor

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments